Blog Detail

Resensi Buku Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek

14 Sep 17
Adityawan Cahya P
one comments

Judul buku : Teori Komunikasi Praktek dan Teori

Penulis : Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A

Penerbit : PT Remaja Rosdakarya

Tahun Terbit : 2006

Cetakan : Keduapuluh

Tebal Buku : 181

Harga Buku : Rp. 55.000,-

Waktu Resensi : 14 September 2017

Jam : Pukul 10.18 WIB

Resensi Oleh : Adityawan Cahya Putra

adityawancp@live.com

Mahasiswa S1 Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Yogyakarta

Biografi Penulis

Prof. Drs. Onong Uchjana Effendy, M.A., yang dilahirkan pada tanggal 1 September 1925, adalah salah seorang penulis yang produktif yang produktif dalam bidang komunikasi. Gelar keserjanaannya diraih pada Fakultas publistik Universitas Padjadjaran (1966). Pada tahun yang sama ia mengikuti Training for Radio and television broadcast pada ABC di Sydney, Australia. Gelar M.A. dalam bidang Mass Communication diraih pada Bowling Green State University, Ohio, AS berkat beasiswa yang diberikan kepadanya oleh pemerintah Amerika Serikat (1973-1974). Ia pernah menjadi dekan Fakultas Publistik Universitas padjadjaran selama tiga periode berturut-turut antara 1975 dan 198. Sejak bulan Oktober 1989 ia ditetapkan sebagai Guru besar madya dalam Ilmu Komunikasi. Selain mengajar di fakultasnya sendiri, yakni Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, juga di Fakultas Pascasarjana universitas yang sama, di Unisus, Unisba, Unpar, Ikopin, STIA LAN, dan STIA Angkasa. Ia juga pernah diangkat sebagai penguji tamu (external exaimer) pada Jabatan Pengajian Melayu, Universiti Malaya dan dosen pada Akabari bagian Kepolisian; kepadanya oleh Menhamkan dianugerahkan Satya Lencana Dwija Sistha.

Pengalamnnya dalam bidang media massa ialah sebagai operator, wartawan radio, kepala redaksi RRI (1946-1970), dan redaktur malam pada beberapa surat kabar (1960-1970). Dalam organisasi profesi ia pernah menjadi ketua Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Cabang Bandung, Sekretaris Daerah Majelis Musyawarah perfilman Indonesia (MMPI) Jawa Barat, anggota Dewan Pers selaku wakil Masyarakat unsur ahli, anggota Asian Mass communication Research and Information Centre (Amic), angota International Association of East-West Centre Alumni (IAEWCA), anggota Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-ilmu Sosial (HIPIS), dan anggota Badan Pembinaan Perfilman Daerah (BAPFIDA) Jawa Barat. Aktif sebagai penceramah dan pemrasaran dalam berbagai forum dan seminar. Kini pengetahuan dan pengalamannya itu disumbangkan pula pada public.

Ikhtisar

Buku Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek ini walau terbilang cukup lawas tetapi isi kajian  dari buku ini berisi kajian-kajian penting bagi yang ingin belajar dan mendalami tentang komunikasi, buku ini terdiri dari 10 bab yang pembahasannya dikatikan dengan berbagai bidang dalam kehidupan. Buku ini membahas tentang proses komunikasi, komunikasi massa, strategi komunikasi dan masih banyak lagi yang dibahas secara teoritis dengan dilengkapi cara penerapannya dalam retorika, kepemimpinan, pembangunan, organisasi, pendidikan, hubungan masyarakat, jurnalistik, dan perang urat saraf. Karenanya buku ini tidak hanya berguna bagi para mahasiswa fakultas ilmu komunikasi, tetapi juga berguna bagi para politikus, pemimpin, pengusaha, pendidik, kepalsa humas, wartawan, perwira dan Anda, para komunikator yang senantiasa berupaya untuk meninhgkatkan keterampilan berkomunikasi.

Bahasa yang digunakan oleh penulis buku ini sangat mudah dipahami dan dengan bahasa penulisan yang menggugah minat untuk membaca. Namun ada banyak penjelasan dengan berbahasa inggris tetapi walaupun dengan bahasa inggris, sudah disertai dengan terjemahnnya agar para pembaca lebih mudah untuk memahami. Materi yang dibahas dibuku ini sangat detail dan pasti akan lebih menambah wawasan dalam mempelajari ilmu komunikasi khususnya untuk yang baru belajar tentang komunikasi.

Buku ini sangat cocok untuk sebagai buku bacaan pokok baik untuk mahasiswa khususnya jurusan prodi Ilmu Komunikasi maupun untuk khalayak umum, dengan direvisinya buku ini serta dengan penambahan materi yang lebih relevan yang menyesuaikan dengan keadaan yang ada sekarang dan dikemas kedalam pembahasan yang menarik, menjadikan buku ini wajib sebagai panduan wajib dalam mempelajari Ilmu Komunikasi.

Bagi anda yang ingin membaca buku Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek bisa dilihat di bagian akhir resensi ini pada sumber refrensi

Kelebihan : Buku ini sangat dianjurkan untuk mahasiswa baru Ilmu Komuniasi karena mencakup banyak teori-teori tentang kajian Ilmu Komunikasi serta teori serta prakteknya dan perkembangan sejak zaman sebelum masehi hingga zaman modern, semua materi dalam buku ini dibahas secara detail dan ditulis dengan bahasa yang menarik, di buku ini banyak terdapat bahasa asing tetapi disertai dengan artinya sehingga mudah untuk dipahami.

Kekurangan : Buku ini walau mempunyai pembahasan materi yang cukup banyak tetapi belum terlalu lengkap maka dari itu buku ini dicetak hingga 20 kali untuk melengkapi pembahasan dan kajian teori yang ada di buku ini

Sumber refrensi : Buku Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek

Dilarang keras meng copy-paste tulisan admin di blog ini jika ingin membagikan silahkan dengan share social button yang ada di setiap postingan.

1 Comment

  1. A WordPress Commenter September 14, 2017 at 2:05 am Reply

    Hi, this is a comment.
    To get started with moderating, editing, and deleting comments, please visit the Comments screen in the dashboard.
    Commenter avatars come from Gravatar.

Leave A Comment

79 + = 85